Wednesday 18 February 2015

Memanfaatkan Sains, Teknologi dan Seni di Sekolah di MAN Lamongan

Seperti yang telah diketahui oleh masyarakat pada umumnya, sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mayoritas dimanfaatkan oleh masyarakat, disamping dengan adanya pondok pesantren, dan juga Lembaga-lembaga bimbingan belajar atau yang sekarang baru-baru ini populer sudah ada home schooling. Semuanya sebenarnya sama-sama tempat untuk menuntut ilmu, namun memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Di zaman yang semakin modern ini, perkembangan sains dan teknologi sudah berkembang sedemikian cepatnya. dari kemajuan ini banyak menimbulkan dampak positif dan negatif yang dimana telah kita ketahui sendiri melalui berbagai media.

Baik, kali ini yang kita bahas bukan mengenai dampak negatifnya, yang akan kita bahas adalah dampak positifnya, yakni pemanfaatannya Sains, Teknologi dan Seni di Sekolah (^_~)

Dalam realitanya hampir semua sekolah telah mengoptimalkan pemanfaatan sains, teknologi dan seni dalam kegiatan belajar mengajar, karena sains, teknologi dan seni merupakan bagian erat dari pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah, dan sudah barang tentu pemanfaatannya akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Pertanyaannya sejauh manakah pemanfaatannya? Mari kita cari tahu bersama (*_*)

1. Pemanfaatan Sains
SAINS sudah demikian pesatnya berkembang, tidak dapat di pungkiri SAINS dan ilmu pengetahuan telah memberikan banyak kontribusi bagi dunia pendidikan, Pendekatan sains yaitu suatu pengkajian pendidikan untuk menelaah dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan disiplin ilmu tertentu sebagai dasarnya.

Cara kerja pendekatan sains dalam pendidikan yaitu dengan menggunakan
prinsip-prinsip dan metode kerja ilmiah yang ketat, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif sehingga ilmu pendidikan dapat diiris-iris menjadi bagian-bagian yang lebih detail dan mendalam.
Melalui pendekatan sains ini kemudian dihasilkan sains pendidikan atau ilmu pendidikan, dengan berbagai cabangnya.


Dengan demikian pemanfaatan sains dalam dunia pendidikan telah begitu banyak memberikan manfaat, misalnya saja disetiap sekolah yang standar kualitas mutunya selalu bersaing, haruslah selalu disediakan media dalam melakukan sebuah (1) penelitian-penelitian, baik itu dalam melakukan
(2) Praktikum-praktikum ataupun dengan adanya
(3) Laboratorium-Laboratorium
yang sangat membantu para siswa untuk bisa lebih memahami pelajaran dengan melalui praktik dan bukan hanya melalui sebuah teori saja.

Sains itu sebenarnya memang menyenangkan! (^_^)

2. Pemanfaatan Teknologi
Bukan hanya sains, di era globalisasi ini Teknologi sudah semakin canggih berkembang, terutama teknologi informasi. begitu cepatnya perkembangan arus teknologi informasi ini menyebabkan dampak yang tidak kecil, banyak kita dengar dampak negatif dan penyalahgunaan dari teknologi ini. sebaliknya manfaat dari teknologi itu sendiri telah bisa kita rasakan sampai saat ini, erat sekali kaitannya pemanfaatan teknologi ini dalam sekolahan, untuk dapat bersaing di era globalisasi ini, setiap siswa sekolah umumnya dituntut untuk bisa mengenal serta menggunakan komputer dan internet, harapannya agar teknologi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan yang lebih interaktif dan menarik.
Misalnya disetiap sekolah yang tentunya sudah mempunyai kredibilitas sekarang ini mempunyai fasilitas yang namanya (1) Hotspot atau Wi-Fi.
Bahkan tidak jarang sekolah yang sudah BI (berstandart INternational) Pelajaran disekolah
(2) menggunakan computer atau laptop sebagai fasilitas pembelajaran dan LCD atau screen dalam penerangan pelajaran sudah bukan hal yang asing lagi.


Disamping itu juga untuk lebih mengenalkan sekolah ke public sekolah-sekolah diharapkan
Disamping itu juga untuk lebih mengenalkan sekolah ke public sekolah-sekolah diharapkan
(3) memiliki Website sendiri agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Dengan demikian tak diragukan lagi pemanfaatan teknologi dalam sekolah sangat memberikan andil besar dalam perkembangan dunia pendidikan.
Canggihnya teknologi! (^_~)

3. Pemanfaatan Seni
Indonesia merupakan negara yang kaya akan Seni dan Budayanya, tapi dalam realitanya pemanfaatan seni masih minim sekali dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah pada umumnya, padahal banyak sekali manfaat yang seharusnya dapat dimanfaatkan dari Seni di dunia pendidikan.
Manfaat seni dalam dunia pendidikan terutama di sekolah, ternyata sangatlah bermanfaat bagi perkembangan kepribadian siswa, hal ini mulai menjadi sorotan dari berbagai pihak yang mulai peduli dengan dunia pendidikan. Pendidikan seni dipandang sangat perlu untuk membentuk kepribadian siswa dari sisi potensi estetik atu keindahannya yang diyakini dapat memperhalus budi manusia. Hal ini diyakini oleh Ki Hadjar Dewantara (1994:153) sebagai berikut :
”Bahwa pelajaran seni suara dan seni musik mempunyai arti yang besar, dengan ”sastra” kesusastraan atau pengetahuan pada umumnya, dan dengan ”gendhing” diartikan seni suara dan musik Jawa yang bermaksud menghaluskan budi kita. Alat untuk menghaluskan budi ini ialah halusnya pendengaran. Sebab halusnya panca indera kita berakibat halusnya manusia”.

Dengan demikian seni tidak diragukan potensinya yang dapat digunakan untuk menghaluskan pancaindera yang berarti juga menghaluskan budi manusia.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Pemanfaatan seni dalam dunia pendidikan terutama di sekolah yang sebenarnya sangat dibutuhkan sangatlah kurang, dalam hal ini sekolah haruslah berusaha untuk membangkitkan kreatifitas para siswanya, terutama dalam hal Seni Budaya. Dengan Seni Budaya, para siswa dapat
(1)
mengekspresikan perasaannya melalui berbagai karyanya, baik sastra, lagu, musik, lukisan, tarian dan lain sebagainya. Dengan begitu akan lahir kepribadian yang unggul pada diri para siswa, (2) disamping itu juga Seni Budaya dapat menjadi salah satu media hiburan untuk menyegarkan kembali pikiran para siswa setelah belajar keras,
(3)
tentunya juga agar para siswa bisa lebih mencintai Seni dan Budaya Indonesia, yang dalam realitanya sudah jarang siswa yang peduli dengan Seni danBudaya Indonesia.


Ayo lindungi seni dan budaya indonesia kita yang tercinta (^_<) Sumber Referensi:
http://www.idonbiu.com/2009/05/pendekatan-sains-dalam-teori-pendidikan.html
http://tanahkapor.blogspot.com/2009/08/pembelajaran-pendidikan-seni-untuk_30.html 
Artikel ini telah diikut sertakan dalam Lomba Blog AKPRIND
www.akprind.ac.id siblog.akprind.ac.id

No comments:

Post a Comment