Thursday 19 February 2015

Pemanfaatan Sains, Teknologi, dan Seni di SMAN 11 Surabaya

Ilmu Sains, Teknologi & seni di SMA Negeri 11 Surabaya sudah menjadi keunggulan bagi hampir setiap siswa di sekolah, terutama untuk bidang teknologi.
Sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa. Selain itu, sekolah merupakan sebuah tempat menuntut dan menggali ilmu sehari-hari, oleh karena itu sekolah wajib memiliki faktor-faktor khusus yang berguna untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat menunjang belajar para siswa. Beberapa faktor yang mungkin akan sangat membantu sekolah untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan memajukan pendidikan di Indonesia adalah ilmu sains, teknologi & seni.

Sekarang ini hampir setiap sekolah di Indonesia hanya memberikan fasilitas dan metode pembelajaran yang hanya berupa teori mata pelajaran saja, padahal hal tersebut sangat akan jauh lebih baik jika dikembangkan lebih jauh lagi. Hal tersebut dapat diwujudkan tentu dengan adanya kerjasama dan minat dari setiap warga sekolah. Salah satu perwujudannya adalah kegiatan ekstrakulikuler, misalnya PMR (Palang Merah Remaja), KIR (Karya Ilmiah Remaja), Seni Tari, Vocal Group, dll.

Dalam Bidang Teknologi

Di jaman globalisasi ini peran teknologi kini sangatlah penting karena hampir di setiap sektor/bidang di dunia kini mulai menggunakan teknologi.Teknologi diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Di samping itu teknologi juga dapat dimanfaatkan dalam Pemajuan Pendidikan Indonesia. Dunia teknologi pembelajaran terus-menerus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam kegiatan belajar mengajar peran teknologi sangatlah berguna bagi para siswa untuk lebih cepat & lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh para guru. Apalagi dengan munculya internet yang dapat menjadi sumber referensi bagi para siswa maupun guru untuk menambah ataupun mencari ilmu dan wawasan yang mereka butuhkan, dengan adanya internet kegiatan pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif sehingga untuk mencapai hasil yang masksimal tidaklah begtu sulit.
Akan tetapi untuk mewujudkan hal tersebut tidak semudah membalik telapak tangan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi guna demi tercapainya pemanfaatan teknologi yang maksimal di sekolah, yaitu :

* Pengenalan terhadap informasi Teknologi bagi para siswa & guru
* Penerapan metode pembelajaran berbasis Teknologi
* Tersedianya fasilitas wi-fi untuk terkoneksi dengan internet bagi guru & siswa
* Adanya website personal sekolah untuk pusat sarana pembelajaran
* Terdapat materi yang berkualitas baik bagi para siswa dan guru

Dalam kegiatan pembelajaran guru diharuskan lebih produktif dibandingkan dengan siswa.
SMA Negeri 11 merupakan sekolah berbasis IT Surabaya pertama yang menerapkan fungsi teknologi di setiap bidang. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai piranti-piranti elektronik yang ditempatkan hampir di semua ruang kelas, diantaranya, monitor LCD, Proyektor, PC/ Notebook, Akses WiFi dll. Sebagai hasilnya SMA Negeri 11 berhasil menraih gelar Juara I untuk Webblog Sekolah Siswa & Guru Terbaik Tingkat Nasional, yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan Terbesar di Asia Tenggara SEAMOLEC (South East Asian Minister Open Learning Center) dalam bidang sains

Ilmu Sains merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari berbagai kehidupan makhluk hidup dari segala aspek yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Di dalam kehidupan sehari hari kita dapat merasakan berbagai manfaat yang diberikan oleh Ilmu Sains, diantaranya adalah obat, perkembangbiakan tumbuhan/hewan, alat-alat elektronik, industri dll. Sedangkan di sekolah hal ini sangatlah bermanfaat baik bagi para siswa ataupun guru yang bersangkutan, penerapan Ilmu Sains dapat pula diaplikasikan di dalam sekolah, misalnya penerapan ilmu perkembangbiakan tumbuhan guna membuat suasana sekolah menjadi rindang, pengembangan tempat pengolahan sampah membuat lingkungan sekolah menjadi lebih ramah dan pembuatan obat alami yang selain lebih murah juga sangat aman digunakan. Di SMA Negeri 11 Surabaya hal ini diwujudkan dengan adanya ektrakulikuler PMR & KIR yang sampai saat ini telah meraih berbagai juara baik tingkat local maupun nasional. Selain ekskul untuk menunjang hal tersebut sekolah hendaknya memiliki beberapa kegiatan berbasis Ilmu Sains lainnya, misalnya :

* Kegiatan Praktikum yang menarik
* Pembelajaran di alam terbuka
* Anggapan bahwa Ilmu Sains itu sangat menyenangkan
* Lebih banyak mengitensifkan praktikum daripada teori

Diharapkan dengan adanya kegiatan berbasis Ilmu Sains para siswa lebih
termotivasi untuk menjadi lebih kreatif dan berpikir kritis.di dalam segala hal. Dalam penerapannya Ilmu Sains dapat memiliki beberapa manfaat, yakni :

* Pengenalan lebih detail terhadap lingkungan sekitar
* Pengamatan berbagai aspek makhluk hidup di dunia.
* Pembuatan teknologi Ilmu Sains baru
* Penerapan alat-alat berdasarkan Ilmu Sains di dalam kehidupan.
* Pemanfaatan bagi organisasi-organisasi terkait (KIR,PMR,PMI dll)

Dalam Bidang Seni

Bagian bidang inilah yang mulai banyak dilupakan & jarang diminati oleh setiap sekolah di Indonesia karena seiring dengan pesatnya kemajuan jaman. Sungguh sangat disayangkan apabila seni budaya yang menjadi identitas bangsa kita lupakan begitu saja, namun kenyataan berkata lain. Di dalam bidang seni, sekolah hendaknya mampu memotivasi daya kreativitas siswa melalui seni sebab hampir setiap siswa di kota besar Indonesia kini kehilangan rasa cinta & nasionalis terhadap seni budayanya sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kasus klaim budaya batik oleh “Negara Tetangga”.

Kini pihak sekolah wajib mengajarkan seni budaya untuk semua siswa demi kelestarian budaya Indonesia. Citra & identitas bangsa Indonesia akan rusak jika seni tidak diajarkan & ditanamkan sejak dari awal.
Penerapan Seni di SMA Negeri 11 Surabaya sudah dilakukan secara optimal, salah satu di antaranya adalah :

* Ekskul Seni Pendalangan
* Ekskul Seni Budaya Karawitan
* Ekskul Seni Rupa
* Ekskul Seni Tari
* Ekskul Seni Musik

Melalui berbagai kegiatan & keterangan di atas dapat kita simpulkan jika Seni merupakan salah satu unsur penting di dalam kehidupan sekolah & bangsa yang tidak boleh kita lupakan keberadaanya.
Dengan demikian pemanfaatan Ilmu Sains, Teknologi & Seni sangatlah bermanfaat untuk segala aspek di sekolah

Sumber: http://typad.co.cc/

No comments:

Post a Comment